Friday, August 21, 2009

KRS Wars Ep 7 : The Stupidity Continues


well, di tengah2 KKN yang menasbihkan kami sebagai angkatan tua, ternyata ada satu hal lagi yang masi tetap harus kami lakukan layaknya anak2 muda.. yaitu KRS-an.. jengjeng.. KRS (kartu rencana studi) ibaratnya adalah penentuan nasib lo selama satu semester.. mencakup mata kuliah, dosen, jadwal dan jumlah sks-nya..

di kampus gw, pengisian KRS yang uda online ini menimbulkan kehebohan tersendiri.. soalnya, kita semua pada rebutan dapet dosen ‘paket A’, yang biasanya punya tradisi ngasih nilai A, ato ngajarnya enak, ato tugasnya gampang.. alhasil, tiap KRS-an, selalu ada perang terjadi di kanan kiri dan juga seluruh isi kebon binatang dipanggil2..

yang sering jadi battle ground adalah selasar kampus gw, dimana orang2 pada ngesot sambil memangku laptop, berteriak dan memekik, senyum senang yang dapet dosen paket A dan bercucuran air mata bagi yang dapet paket hemat (hemat nilai maksudnya.. hehehe)..

pas KRS juga anak2 mendadak rajin.. jam stengah 7 aja tuh selasar uda rame penuh orang deg2an nunggu KRS di buka sambil rebutan bandwidth.. gw pernah nekat dateng jam 10 dan alhasil hari itu gw cuman bisa dapet 2 kelas.. emang si, KRS-an 3 hari, tapi semua orang pasti pengen cepet kelar kan ya..

tapi, semester ini ternyata sedikit berbeda.. berhubung gw lagi KKN, maka malem sebelum KRS gw baru balik ke jogja.. itupun langsung meng-online-kan YM buat konsolidasi KRS-an besok.. dan temen2 gw pun memprediksi kalo battle ground bakal berpindah ke labkom, berhubung kemungkinan server Sistem Informasi Akademik down.. gw si iya2 aja mengingat soshi lagi ga bisa ngenet.. dan lebih kaget lagi pas temen gw, dani, bilang ke gw buat berangkat jam setengah 6.. watdefak ???

besoknya, jam setengah 7 gw uda ciao ke kampus.. di sepanjang jalan si isinya maba2 semua dan gw pun mikir, mungkin anak2 terlalu berlebihan kali ya.. tapi ternyata, setelah gw ke labkom.. olalalaaaaaa.. penuhnyaaa uda kayak konser Linkin Park.. lorong labkom yang segede upil uda penuh sesak, pada ngantri di depan pintu labkom yang masi tertutup rapat.. kebanyakan si anak2 2007 sama 2008 yang emang masi berkepentingan rebutan kelas.. kami2 yang 2006 si kebanyakan uda ga rebutan kelas, kecuali kalo ngulang mungkin..

gw sama temen2 2006 (andin, dani, tita, regni, tika, icha, ahdi, hariz dan randy yang nyusul kemudian) hanya bisa ternganga.. soalnya KRS-an sebelum-sebelumnya ga pernah seheboh ini.. akhirnya, kita2 malah duduk di belakang kehebohan itu saking uda ga tau mau ngapain.. hariz malah sempet2nya ngerjain K1, hahaha..

ga berapa lama, gerombolan pengantri sembako itu semakin heboh.. yang di depan teriak2 nyuruh yang belakang mundur, sementara yang belakang juga uda kejepit2.. mulailah pada emosi.. seluruh isi kebun binatang dikeluarkan.. (gw cuman nyebut satu doang si.. hahaha).. tau2 ada yang teriak kalo di depan ada yang pingsan.. dan sepertinya itu hanya gossip, biar yang belakang pada mundur.. tapi tetep aja massa merangsek masuk ke labkom (bahasa gw uda kayak di koran2 belom ?? =P)..

setelah labkom dibuka dan semua orang menyerbu labkom, ternyata, dari sekian anak2 2006 yang gw sebut di atas, cuman ahdi yang akhirnya berhasil merebut satu komputer dengan heroik.. akhirnya kita cuman ngesot2 doang di lantai.. sambil nunggu jam 8 (waktu KRS-an dimulai), gw ke selasar, nengokin ciko-yayas-iqbal-judhi plus lutpeng.. dan ternyataaaaa.. gw belom ngisi kuesioner dosen !!! watdefaaaaakkkkk..

otomatis gw blom bisa ngisi KRS deh.. penuh kepanikan, gw ngisi pake laptopnya yayas, tapi cuman kekejar 3.. soalnya keburu jam 8 dan server-nya mulai down sesuai prediksi (dan ternyata ganti address tapi ga bilang2).. akhirnya penuh gontai gw kembali ke labkom.. di sana beberapa anak uda bisa KRS-an.. beberapa yang lain uda mulai nyebutin Si Komo dan temen2nya.. gw sendiri si masi ngantri dulu, sebelum akhirnya bisa KRS-an (ini juga karena dua komputer di sebelah ahdi di rebut paksa.. hahaha)..
pas gw KRS-an, otomatis gw ngisi kuesioner dosen dulu.. temen gw, duo maut hariz sama randy ngeledek, “yaelah peh, kok lo baru ngisi sekarang ?? ga belajar dari pengalaman KRS semester2 kemaren ??”, sambil ketawa2 ngakak.. gw pun hanya bisa manyun sambil meneruskan mengisi form membosankan itu..

punya gw kelar, beberapa temen yang unfortunately ga bisa KRS-an (karena mereka di warnet tapi ga tau kalo address-nya diganti) macam arum dan iqbal akhirnya nitip KRS juga.. sayang, beberapa kelas uda abis.. simbah, kucing, angger sempet keabisan kewirus juga.. makanya, sekarang masi pada harap2 cemas.. semangat ya temaaaaaannn..

dan hari itu pun mengukuhkan akademik sebagai pihak yang paling banyak dipisuhi anak2 (setelah LPPM tentunya dong ah..).. dan ternyata pihak akademik selama ini ga tau kalo anak2 rebutan KRS-an karena rebutan dosen paket A.. mungkin memang mereka belum belajar dari semester2 kemaren kayak gw, dan merasa sistem yang ada sekarang uda bagus, padahal di luar para stakeholder macam kami para mahasiswa ini (mungkin) merasa masih belum puas..

KRS.. 3 hari buat satu semester.. semangat ya semuaaaaaaa.. (terutama buat gw sendiri, mengingat gw cukup ‘gila’ ngambil kuliah semester ini)..
oh iya, sampai hari ini, unit KKN gw ga tau kapan mau penarikan.. heuheuehu..


*cheers..

No comments:

Post a Comment

share me your thoughts :D