Saturday, October 17, 2009

#33 : world peace orchestra, GSP


tadi malem, gw sama temen kosan gw, kiky n rina, plus nina, temennya rina, nonton World Peace Orchestra-nya Dwiki Dharmawan di GSP.. guest star nya KD (krisdayanti, bukan krisdayatim, juri miss gelanggan kemaren.. hahaha), trus ada Dewa Budjana, Dira Sugandi, Butet Kertarajasa, pak Anggito Abimanyu dll.. lumayan yoi mari dah.. tadinya gw ga begitu ngeh sama nama konsernya, ato guest star nya.. tapi karena kata kiky si dwiki ini suka masukin unsur2 etnis di orchestra-nya, gw jadi tertarik dan hooh2 aja waktu ditawarin..

acara (seharusnya) dimulai jam 7.30.. dan ntah kenapa ngaret sampe hampir jam 8.. mending kalo pas nunggu itu diputerin video apa kek gitu, vote komodo lah, lha ini, malah yang diputer video BNI.. ngantuk semua lah kita..

akhirnya acara dibuka sama Peni Candrarini, pesinden asal Solo yang bikin gw merinding dan dilanjutin sama KD.. tapi lagunya dong coba.. Assalamualaikum-nya Raihan.. dan KD membawakannya dengan datar.. maksudnya ga bikin gw amazed.. biasa banget.. dilanjut sama Rafly, penyanyi asal Aceh, bawain lagunya sendiri, Ya Rabbanaa.. sampe disini gw berkali2 tanya ke kiky sama rina..

“kita lagi nonton konser orkestra ato syawalan sih sebenernya ??”

untungnya, track kedua Rafly, Meukeondroe lumayan oke.. tapi tetep aja, soul syawalan masih ada.. hampir aja gw memutuskan cabut dari GSP dan ke FEB aja, soalnya ESB (band kampus gw) lagi ngadain jam session, uda gitu temen gw si uul uda promosi abis2an.. tepat sebelum gw cabut, keluarlah dewa budjana !! dewa budjana mamen !! tanpa banyak bacot, langsung deh dia ambil gitar, dan meluncurlah On The Way Home.. wowowo.. mantap gila !! nuansa musik Bali-nya kerasa banget.. uda gitu kan budjana kalo maen kalem gitu, jadi kesannya adeeeemmm.. dan gw pun memutuskan tetep di GSP, mana tau budjana maen lagi.. hoho..

next adalah Peni Candrarini n Joe Rosenberg (saxophone), ngebawain Ilir-ilir.. asoy geboy banget deh, meskipun ada beberapa bagian yang menurut gw ga nyambung (sotoy).. trus di lanjut sama Rintak Rebana, feat pak Anggito Abimanyu (iya, dia pak Anggito dosen kita) di flute n Steve Thornton di perkusi.. T O P banget deh.. gw enjoy banget pas Steve maen solo, keren gila.. gw jadi pengen belajar perkusi nii.. ato drum deh.. menyalurkan bakat klothekan jaman SMP.. haha.. oh iya, pak Anggito juga keren maennya di sini.. :thumbsup:

KD kembali muncul dengan Di Bawah Sinar Bulan Purnama.. it’s just me ato emang lagu ini ga terlalu enjoyable ya ?? mungkin karena suara mba KD yang kurang kuat melengkin aja si, jadi lagu ini terkesan ampang dan sedikit forgettable.. lanjut ada Gunungan, feat gamelan Bali-nya I Nyoman Windha.. sejak jazz ugm kemaren, gw jadi sedikit banyak suka sama musik Bali, dan Gunungan (yang di lanjut sama Janger) ternyata keren abis !!

selanjutnya ada monolog nya Butet Kertaradjasa, yang kali ini sedikit kriuk alias garing.. tapi gw tetep suka sama monolog-nya.. lanjut, ada Indonesia Pusaka, dibawain Dira Sugandi.. kaget banget gw pas baca di booklet acara, kalo si Dira ini pernah manggung sama Jason Mraz.. dan emang keren banget suara dia.. mantab !! kuat banget.. abis Indonesia Pusaka, doi langsung lanjut nyanyi Ie, lagu rakyat Flores, feat Nano Tirta juga.. wowowo.. suara-nya bo.. kuat banget, bening pulaaa.. KD kalah deh..

lanjut, ada Ivan Nestorman, doi maen sasando bentar.. tau sasando ?? itu lho, alat musik yang ada di duit lima ribuan lama.. suaranya jernih ternyata.. Ivan bawain lagu rakyat Flores, Benggong-Banggong.. iramanya asik banget nih lagu.. Ivan juga ngajakin audiens buat bergoyang (haha).. oh iya, kenapa ada dua lagu rakyat Flores masuk di sini ?? ini ada hubungannya sama Vote Komodo kalo gw rasa..

tau kan kalo sekarang lagi banyak kampanye Vote Komodo biar Pulau Komodo masuk new 7 wonders ?? (jadi inget omongannya rina, “baru tau gw keajaiban dunia bisa di revisi”.. haha).. nah, mungkin biar Vote Komodo ini sukses, maka dirasa perlu ada pendukungnya, ya itu tadi, lagu2 daerah sono juga..

next ada Arafura.. keren banget, sayang, gw ga bisa ceritain detilnya.. komposisinya terlalu rumit buat otak gw.. di sesi ini juga dikenalin beberapa musisi pendukung, termasuk Jeanne Phialsa, drummer cewe, yang baru berusia 16 tahun !! ya oloh.. tersindir bgt gw.. trus, ada pemutaran video Vote Komodo (ini masi oke-lah) dan video UGM (ya olooooohh.. males banget ga si.. uda gitu penampakan fakultas gw cuman pas di dalem kelas doang..zzz).. terus pak rektor pun didaulat vote Komodo secara onlen.. gw ga terlalu perhatiin prosesi ini si..

lanjut, ada Nyanyian Negeriku, medley lagu2 daerah gitu.. yang nyanyi PSM UGM.. jelas yoi lah.. konduktor-nya Singgih Sanjaya.. ada performance unit tari UGM juga.. tari Bali gitu.. keren deh, badannya pada oke2 begitu, gemulai.. next, The Spirit of Peace, bersama pak Anggito dan Dewa Budjana.. sayang, gitarnya Budjana mati di sepanjang lagu ini.. huaaa.. *mulai garuk-garuk bangku*.. dia-nya sendiri cuman celingak-celinguk kalem.. panitia baru sadar pas lagu nya uda mau selesai.. huhuhuhu..

dan closing-nya adalaaaaahh.. KD lagi.. (langsung males).. kali ini lagu Zikir Tak Putus-putusnya.. eaaaaaa.. suasana syawalan kembali muncul.. anti klimaks banget deh.. ga tau kenapa ya, kok males aja gw.. untuk konser-konser bertema peace gini, gw sangat setuju kalo kontennya musik etnis ato lagu rakyat.. tapi lagu rohani ?? iya si, gw tau Dwiki Dharmawan suka masukin irama religius juga.. tapi kenapa cuman lagu bernafaskan Islam ?? mungkin bakalan seru juga kalo ada unsur gospel di situ ato nyanyi doa ala umat Hindu.. toh kan ga semua yang nonton Islam kan ?? ini IMHO yaaaa..

beda sama UGM Jazz, yang acara pamitan dan foto-foto sebelum closing sebelum beneran ditutup sama Balawan, yang bikin klimaks yang oke, acara ini antiklimaks.. terus, beda sama UGM Jazz, dimana kita bisa poto2 sama pengisi acara, di acara ini para pengisi acara langsung ilang setelah pembagian bunga dan poto2.. (ga, gw ga mau poto sama KD, maunya sama Budjana.. gokil gila !!)

overall, ini acara yang cukup assoy.. terlepas dari lightning yang minim, gitarnya Budjana yang sempet mati dan kurangnya porsi nyanyi Dira Sugandi..

tapi kok gw tetep merasa sayang uda ngelewatin jam session ESB ?? hahaha..


*cheers
listening to Dewa Budjana – On The Way Home

Track List
1. Opening : Tembang
2. Assalamualaikum
3. Ya Rabbanaa
4. Meukondroe
5. On The Way Home
6. Ilir-ilir
7. Rintak Rebana
8. Di Bawah Sinar Rembulan
9. Gunungan
10. Indonesia Pusaka
11. Ie
12. Benggong-Banggong
13. Arafura
14. Nyanyian Negeriku
15. The Spirit of Peace
16. Zikir Tak Putus-putusnya

No comments:

Post a Comment

share me your thoughts :D