Friday, August 29, 2014

#123 beaches(t)

sunset in Losari.

ngomongin trip ke Makassar lagi yaaakkk (buset, udah berapa abad buuuu... biar lah ya, maklum belom sempet melaut lagi, jadi sering terkenang kenang yang udah lalu. asal ga teringat mantan aja sih ya)
 
dari sekian pantai di Makassar yang kita samperin, ada 2 yang berbekas di hati bak bekas gosong setrika. hangat dan melekat. yang satu pantai cakep yang airnya pake gradasi biru - hijau, yang satu pasirnya bikin pengen bawa donat saking miripnya sama gula bubuk. terus mana yang better ? mana yang recommended ?
 
ga ada yang namanya better beach dalam sejarah nyamperin pantai (yang sebenernya masih seiprit ini). kayaknya tiap pantai punya uniqueness-nya sendiri. inget banget jaman SMA punya impian renang di Pantai Kuta, Bali. begitu nyampe yang ada justru ilfil karena ruame pake buanget. bule bule pun pating telecek, baik yang pake baju ataupun nggak (pake bikini maksudnya). tapi ke-ilfil-an itu pun ilang begitu liat sunset yang emang cantik banget.
 
atau ketika dengan isengnya gue ke Pantai Samas, Jogja; demi melihat penyu yang jadi bahan praktikum temen gue di Fakultas Biologi. pas mau kesana, bayangannya indah banget. duduk duduk di pantai sambil liat penyu berenang. kenyataannya, jauh banget jek !! pantainya super puanas dan anginnya gede. pasirnya cakep sebenernya, putih halus. tapi panasnya ga tahan bok. mana waktu itu gue ga kenal sunblock pula. tapi siapa sangka, duduk di lincak pinggir pantai sambil minum es degan ternyata peaceful banget.
 
dan begitu juga sama pantai di Makassar. sebelum berangkat, beneran udah hakul yakin kalo yang namanya pantai Bara itu best of the best. pasir putih, nyiur melambai, udah beneran pantes jadi gambar pantai di kalender. dan memang itu yang kita jumpai di sana. konon si Pantai Bara Bere ini adalah private beach punya bule. setelah pake acara kesasar masuk ke hotelnya (sotoy sih !!), terpampang juga pantai ini di depan mata.

kayak lukisan ya awannya
masih bersih dan cantik
 
pasir yang kayak gula bubuk, air yang hijau toska, pokok e ciamik tenan lah. pantai ini bukan pantai sunset maupun sunrise (which is not a problem for me) tapi landscape nya beneran bikin jiwa raga bergetar. belom lagi di pinggirnya cuman ada satu pedagang yang jualan indomie + kopi, jadi pantainya masih terkesan bersih.

how can you not love this ?
 
tapi posisi Pantai Bara sebagai jawara chart pantai ku pun tersaingi sama Pantai Liukang. pantai ini tempat snorkeling yang beneran bikin bibir otomatis bertasbih begitu nyemplung. airnya bening banget dengan koral koral cantik dan ikan yang seliweran sambil ngerumpi. bahkan daku dapet bonus pemandangan belut mencaplok ikan dari sarangnya, pas di bawah kaki yang bau asem. di lepas pantai Liukang juga bisa renang sama penyu yang ada di rumah perahu.

gradasinyaaaaa...
 
begitu naik ke darat, pemandangan cakep perpaduan pantai sama tebing pun terpampang. meskipun panas (iyalah, snorkeling siang siang gitu), tapi langitnya sungguh ajib. di situ ada warung makan yang ikannya fresh from the oven ocean plus es degan. aduh alamak sensasinyaaa... aku ngerjain rekonsiliasi di sini aja ya paaak... *ditabok*

tebing di Liukang. garang !!
pengen baliiiiikk :(

terus mana yang paling cakep ? hard to decide, eh ? jatuh cinta banget lah pokoknya sama pantai pantai ini. ngga bisa mutusin mana yang jadi favorita, justru jadi pengen jalan jalan liat pantai di tempat lain (emang maruk sih dasarnya).

so, what's your favorite beach these days ?

bonus : sunset di Bira
 

No comments:

Post a Comment

share me your thoughts :D