Monday, December 22, 2014

#138 packing challenge

eciyeee... keren amat bu judulnya. bukan, ndoro bukan mau ikut ice bucket challenge, apalagi photo challenge di instagram.
 
jadi gini, ini masih berhubungan sama trip ke Takabonerate kemaren. basi nggak ? nggak dong ya. masih seger dan kinyis kinyis macam sayuran organik seiket 10 ribu di Food Hall.
 
dalam sejarah perjalan-jalanan ndoro yang masih secimit cimit ini, pasti selalu diwarnai oleh kegiatan penting yang bikin galau. apalagi kalo bukan packing. yep, proses ngepak ngepak ini jadi sesuatu yang dinanti (soalnya abis packing pasti liburan dong yaaaa) dan disebelin (karena RIBET !!). udah gitu, ndoro itu tipe orang yg antisipatif. mending bawa lebih daripada kurang. mending sedia spare 2 daripada 1. jadi bisa ditebaklah barang bawaan pasti membengkak dan butuh lebih dari 1 tas.
 
sampe pas packing kemaren, diniati sepenuh jiwa raga bahwa cuman boleh bawa tas sebiji. semua harus bisa masuk ke satu tas. kalopun bawa satu lagi, yang satu harus tas kecil, bukan tas gede. udah gitu, karena ini mau pergi jauh, ke laut pula, maka segala gaya traveling ala princess tergantikan dengan traveling ala anak gunung (tapi perginya ke laut, piye tah...). mempertimbangkan bahwa ndoro bakal bawa snorkel set dan kemalesan nyeret nyeret koper, akhirnya diputuskan kalo tas yang akan dipake adalah... tas gunung !! lho, canggih banget ndoro, tau tau punya tas gunung ?
 
jadi ceritanya, mas bojo, laiknya mas mas yang lain, adalah penyuka outdoor gear. gear nya ya, aktivitasnya mah biasa aja. kenapa ? karena outdoor gear ini biasanya lebih tahan banting dan multifungsi. ya celana, ya tas, jaket. nah, kesukaan ini pun nular ke estri yang cantik ini. kalo butuh apa apa, maunya beli di toko outdoor. sampe di suatu hari, ndoro merasa butuh tas buat jalan jalan yang muat banyak, tahan banting dan warnanya gonjreng. karena ransel biasa sudah tidak mencukupi, akhirnya ndoro menyeret diri ke toko outdoor dan memutuskan beli semi-carrier warna oranye keluaran Cozmeed. merk ini aseli Indonesia lho.
ada warna ijonya juga lho kakak...
 
kok nggak beli yang sekalian bagus kayak Deuter ? karena kemahalan. eh, serius ini. si oranye ini harganya cuman tiga ratusan. udah gitu doski gratis raincover (mentalnya tetep ya) dan dalemnya lumayan muat gede, sekitar 55 - 60 L. dipake jalan di kota bagus, dipake agak mblusuk pun (terlihat) lumayan kuat. udah gitu pas dicobain, rasanya nempel pas di punggung, plus strapnya juga cucok. akhirnya langsung lah kita bungkus. si oranye ini udah di trial pas jalan jalan ke Tuban & Pahawang. dan terbukti doski oke dan nyaman dipakai. muat banyak dan nggak bikin pegel.
 
etapi trip ke Tuban & Pahawang kan cuman 3 harian ya, sementara ke Takabonerate sekitar 6 hari. packing buat trip ke Takabonerate pun jadinya tricky banget. ndoro harus berulang kali bongkar muat barang di tas. padahal udah dipilih yang paling tipis dan bisa dipake berulang kali. gara garanya, snorkel set itu ternyata makan space yang banyak. berat sih nggak, cuman gede. fin aja panjangnya sama kayak panjang tas nya. alhasil teori gulung baju pun kudu dimodifikasi. pertama snorkel set itu dimasukkin dulu, barulah baju baju yang digulung (dan dimasukin plastik) ditata satu satu. itu pun booger bag dari fin nya ga dibawa, saking gedenya.
 
fin cakep yang bikin kisruh.
tapi, emang dasarnya ribet ye, tetep aja tas gunung itu ga berhasil mengakomodasi semua sajen barang. dengan berat hati, dibawa jugalah tas selempang ukuran sedang buat tempat syal, alat mandi, dll dsb. dan ini pun tasnya penuh, sodara sodara. emang sih, banyak barang yang akhirnya dibawa atas dasar 'siapa tau ntar butuh' tapi ternyata ga butuh. semacam bantal leher (bantal di penginapan turah turah) atau jaket (disono geraaaah...). untung ndoro bawa semacam tas lipet, jadi barang barang ini bisa masuk kesitu. lho, jadinya tetep bawa 3 tas ya ? haaaaah... challenge nya ga accomplished nih :(. tapi masih mending lah ya, yang 2 bukan tas gede. *positive thinking*
 
penampakan pas mendarat di Aroepalla Airport, Selayar.
tas gunung + tas lipet. masih ada tas selempang, gan !!
tas selempang si hitam di Bitombang. enak buat city tour.
PS : GOSONG BANGET YA GUE !!
another tas lipet. dikiranya waterproof, taunya kagak.
maafkan posenya ya. jadi tahu kan sebabnya gue ditolak jadi Victoria's Angel ? :(
 
lagian, iseng amat sih ndoro, pake nantang diri sendiri gitu. selain pengen ga ribet, ndoro juga pengen pelan pelan keluar dari zona nyaman. atau mungkin bahasanya memperluas zona nyaman kali ya. kenapa mulai dari packing ? karena packing itu sama dengan planning. apalagi kalo urusannya baju. kita kita cecewe kan rasanya geli geli gimana gitu kalo baju ndak matching. hari kesatu pake baju garis garis, hari kedua pake baju loreng loreng. kalo bajunya basah, baju hari keenam bisa dipake ga ? kalo salah planning ? bisa jadi baju loreng macan, tapi jilbab loreng zebra.
 
di samping itu, ndoro juga mau belajar cuek. tahu kan kalo kebanyakan planning pas mau traveling malah jadi ribet sendiri. sama juga masalah baju. baju ijo, jilbab kuning cocok ga ya, kuning yang kuning kunyit apa kuning jagung. hadeuh, lelah. makanya, harusnya tetep di planning, tapi dengan pinter. pinter pinter mix and match gitu lho jeung. kalo udah mix and match teteup ga cocok ? ya udah, ilmu kulit badak harus dikeluarin. lagian liburan kan seneng seneng ya cyin.
 
jadi intinya ini tadi cerita soal apa ndoro ? mbuh, hahaha.
 
oh iya, dari pengalaman kemaren, jadi ketauan, barang apa yang kira kira perlu dibawa dan nggak perlu dibawa. so, next trip harusnya uda lebih ringkes dan lebih padet. mungkin bisa dicontoh ini mbak Dina DuaRansel yang ringkes dan tapi tetep mengakomodasi semua kebutuhan saat traveling / jalan jalan.
 
smell you later, people !!

No comments:

Post a Comment

share me your thoughts :D