Tuesday, September 29, 2015

#160 singapore trip day 2 - the power of impulsiveness



postingan ini kayaknya bakal panjang banget, secara hari kedua ini... SERU BANGET !!

pagi itu kami terbangun dengan kalem. setelah sholat subuh dan bobok lagi, gue pun tercenung sejenak sebelum buru buru kabur mandi dan siap siap. hari ini kami mau ke River Safari !!

kok ujug ujug ke River Safari sih sis ? jadi ceritanya, malam sebelumnya gue sama Ria goler goler wifian di lounge hostel. ternyata Ria browsing soal River Safari dan Singapore Zoo. etapi harga tiketnya kok mahal amaaat... tapi namanya dua anak muda banyak duit belagu ya, akhirnya kita hajar ajalah, wong udah sampe sini juga. kami dapet harga $38 buat masuk River Safari plus Amazon Quest dan River Cruise. mau nambah lagi buat Singapore Zoo kok dompet udah megap megap, so River Safari it is.

menurut hasil browsing, kami harusnya naik MRT dari Lavender ke Ang Mo Kio. dari hostel, kami harus ngebis dulu ke Lavender. ndelalah, jalan dikit dari hostel, udah ketemu jalan gede dengan halte bis nongkrong cantik di sana. Ria pun langsung nyeletuk, "naik bis aja yuk !!". eh bener juga ya, naik MRT kan udah kemaren. kami langsung sibuk nyari bis jurusan Ang Mo Kio. untungnya, ada bis jurusan Ang Mo Kio yang lewat halte kami. ga berapa lama, datenglah bis nomor 133. dengan norak, kami langsung masuk dan jatuh tjinta sama bis Singaparna ini. bersih dan cantek sekaleee...



yang bikin impressed lagi, warga di sono 'sadar diri' banget. ada beberapa seat yang memang dikhususkan buat penyandang disabilitas, ibu hamil, lansia dan ibu2 bawa anak. ada juga space khusus yang bawa barang. dan para penumpangnya udah saling menempatkan diri. yang bawa barang gede ya menempati space tadi. yang lansia ya duduk di kursi lansia. rapih dan teratur. suka deh liatnya :)

setelah melewati jalan jalan di Singapura sambil nggumun, sampailah kami di Ang Mo Kio Terminal. etapi kok kaya Blok M ya, hahaha. bahkan stall makanannya pun mirip mirip, mulai Dunkin Donuts sampe Old Chang Kee. setelah mampir makan (nasi lemak seharga $2 saja, ngirit soale), kami pun clingak clinguk nyari tempat buat top up kartu EZ Link.

lagi merhatiin papan petunjuk, tiba tiba terdengarlah suara yang bahasanya kok kayaknya familiar di telinga kami.
"mbak !! arep ning ndi ???"

sontak kami langsung nengok ke arah tersebut. you don't say... do we finally meet Javanese here ?

ternyata yang manggil temennya tersebut adalah TKI yang kerja di Singapura, selanjutnya kita sebut Bu Atik. Bu Atik dan temennya pun ngobrol dengan seru pake bahasa... ngapak. sumpah gue sama Ria langsung cekikikan. antara seneng ketemu orang yang bahasanya kita ngerti, sama ngakak karena udah jauh jauh sampe Singaparna kok ya ketemunya kowe maning kowe maning :))

Bu Atik yang asli Temanggung pun akhirnya menggiring kami ke loket top up. ternyata dese mau ke Orchard, mau belanja. duileeeee Bu Atiiiik... konon dese ga berani pergi lama lama meskipun hari libur karena ga enak sama keluarga majikannya.
dan ternyata tadi beliau sama temennya ternyata lagi ngomongin kurs rupiah terhadap SGD yang lagi melemah.

"mumpung rupiahnya turun mbak, mau ngirim duit ke kampung".
hoalah... ternyata rupiah turun itu rejekinya TKI yang pada kirim duit ke kampung. barokah ya Bu Atik *peluk peluk manja*

kami pun menunggu bis 138 bareng segerombolan bule. ternyata bis 138 ini emang berhenti di kompleks Singapore Zoo. sopirnya gaul dan ramah banget #penting.
jalan sebentar, nyampe deh di gerbang besar Singapore Zoo. River Safari ada di sebelah kanan.

jadi, River Safari ini salah satu bagian dari Wildlife Reserves Singapore, self-funded organization yang fokus ke perlindungan hewan dan edukasi. WRS punya empat atraksi yaitu Jurong Bird Park, Singapore Zoo, Night Safari dan River Safari. River Safari ini adalah atraksi yang paling baru alias maknae dari jajaran atraksi WRS. sesuai namanya, River Safari fokus pada hewan hewan di sekitar ekosistem sungai-sungai besar di dunia. tinggal sebut deh, mau sungai apa, ada semua. dari Amazon sampe Mississipi pun ada. lengkap surengkap !!




karena itu, hewan hewannya juga dikelompokkin sesuai ekosistem sungai tempat mereka ditemukan. dan ga cuman ikan lho. ada juga monyet pemakan kepiting di sana. kan dese hewan di ekosistem sungai jugaaa... ga cuman hewannya, banyak juga ditampilin peradaban di sekitar sungai yang berpengaruh pada hewan dan habitatnya. misal suku Jaguar di dekat Amazon, terus kebiasaan orang nangkep buaya buat dijadiin sepatu dan tas, banyak pokoknya.

tapi yang paling bikin gue merekomendasikan River Safari adalah... tempatnya asik dan seru !! terletak di dekat danau buatan, bikin suasananya sejuk meskipun tanpa AC. plus tata ruangnya bagus dan bikin kita ngeh, kita lagi ada di sungai apa sih. seperti waktu masuk area Yangtze River di China, ujug ujug di atas ada berbagai lampion cakep.





foto hendri ndak boleh ketinggalan :)))

selain layout yang oke, River Safari juga punya special experiences yang seru. kebetulan tiket yang kami beli udah sepaket sama River Safari Cruise dan Amazon River Quest.

River Safari Cruise ini ceritanya kita diajak berlayar buat puter puter danau buatan naik kapal pesiar kecil (oxymoron banget yeeee). narasinya udah recorded, jadi si nahkoda tinggal nyetir kapalnya sesuai rekaman. sebelum berangkat ada semacam safety pause dan perkenalan. selama pesiar, kami bisa liat badak, jerapah dan gajah, plus semacam water reservoir besar di situ. abis itu... udah. hahaha. agak krik emang ini, rutenya cuman melipir bentar plus dikit yang bisa diliat. tapi ya sudahlah ya kak.


nyonyah meninjau kapal pesiar dulu


sementara Amazon River Quest ini ceritanya kita diajak puter puter sungai Amazon naik perahu. mirip istana boneka versi outdoor hutan Amazon deh ! surprisingly, lumayan seru dan rutenya lumayan jauh. kami lihat berbagai burung dan reptil, plus bonus Jaguar lagi jilat jilatan (literally). lumayan puwas naik ini, dibandingin cruise-cruise-an sebelumnya. bwek.

kami ga coba River Trail sih, jadi ga tau itu gimana atau ngapain. tapi liat di web kok kayaknya biasa aja. ya sudah.





oh iya, entah kenapa, di River Safari ada satu part yang kok kayaknya ga cucok. tak lain tak bukan adalah Giant Panda Forest. kenapa dia di situ ? apa fungsinya ? aku pun tak tahuuuu... agak ga nyambung ya seus, meskipun akhirnya termaafkan karena... hewannya lucu lucu !!

Giant Panda Forest ini bentuknya dome yang suhunya dikontrol terus. maklum ya, kan panda idupnya di China yang adem sono. bisa kelunturan dia kalo ngerasain panasnya Singapur.
pas masuk, kami langsung ketemu panda merah yang, subhanallah, lucu amaaaat. pengen peluk peluk sambil uwel uwel deh, saking fluffy-nya doski. di sini juga ada golden pheasant alias ayam hutan Chinese yang warna warninya cakep. ga jauh dari situ, duduklah si panda dengan galau.

ada dua panda di sini, Kai Kai dan Jia Jia. gue sih curiga mereka keturunan Sunda ya. nah, si Jia Jia kebetulan lagi boci, jadi cuman ada si Kai Kai yang nongkrong menyapa pengunjung. dan akhirnya gue ngerti deh kenapa banyak orang suka sama panda. emang lucu, emang imut dan pelukable banget ga sih sis *samperin Jia Jia terus di uwel uwel*






kalo gue ditanya, exhibit favorit gue apa, gue akan menjawab dengan mantap : Mekong Giant Catfish dan Amazon Flooded Forest.

Mekong Giant Catfish, seperti namanya, adalah ikan super gede yang ada di sungai Mekong, Thailand. menurut info mas T, meskipun namanya catfish, tapi sebenernya dese adalah sekeluarga ikan patin. tapi bayangin aja deh sis, bikin pindang pake patin segede itu. ampe mabok mabok deh makannya. ikan ini sering dibahas sama National Geographic dan sering bikin mangap nontonnya saking dese geda banget. dan pas lihat sendiri, gue langsung ternganga saking takjubnya. apa yang biasa gue liat di tipi, sekarang ada di depan mata gue.




MUKEEEEEEE :))))
next adalah Amazon Flooded Forest. jadi ceritanya, tiap musim hujan, permukaan sungai Amazon naik sampe sekitar sepuluh meter, dan memberi habitat buat banyak spesies hewan. nah, exhibit ini ceritanya pengen menggambarkan kondisi saat itu. dan emang exhibit ini keren gilak. akuariumnya gede banget dan bisa dilihat dari tiga tingkat.

spesiesnya apa aja dong ? mulai dari arapaima, ikan lele, sampe dugong !! yes you're reading it right. ada sekumpulan dugong ikutan berenang renang di sini. honestly speaking, gue juga baru tahu lho kalo ada dugong di Amazon. mereka berenang renang dengan lambat dan ginuk ginuk, nggemesi banget !! cuman agak bete sih, kok arapaima-nya ga ada yang gede. kalah sama Seaworld !!




me too, me too *uyel uyel*

*******

jadi seneng ga ke River Safari ? seneng banget kakaaaak. pokok e puwas banget akhirnya ke sini. exhibitnya macem macem dan yunik, tempatnya asik, worth the price banget pokok e sis. ndak nyesel udah menuruti dorongan hasrat impulsif ini pokoke.

kelar dari River Safari, kami mampir ke Bugis Street dulu buat makan dan beli oyeh oyeh seadanya soalnya duit mepet. kami makan di Bugis Junction yang mungkin setipe sama Cibubur Junction kali ya kalo di sini. nama aja udah mirip. makanan di Bugis ini biasa aja, banyak makanan mirip kayak Indonesia tapi kami tetep kudu ati ati sama pork pork an. etapi highlight-nya adalah es teh tarik paling enak yang pernah gue cicipin. padahal ini es teh tarik beli di foodcourt seharga $2 lho. manisnya pas, rasa tehnya pas, pokok e uenak tenan !!

kelar dari Bugis, jam sudah menunjukkan jam empat sore. saatnya pulang hotel dong ? ocencu cidaaaak. kami masih punya tiket buat ke Gardens By The Bay.

gimana ceritanya di sana ?
smell you later !!


No comments:

Post a Comment

share me your thoughts :D