Monday, December 21, 2009

#41 : money money money


tadi pagi, saya kuliah agama Islam II.. (zzz banget ga si, uda minggu tenang masi aja kuliah).. minggu ini pengisinya pak boyke, dosen yang biasanya ngampu kelas kewirus sama supply chain.. saya yang males dan masuk hanya untuk membalas budi ngabsenin iqbal, akhirnya cuman twitteran di belakang sambil ngobrol sama ketan..

di tengah2, pak boyke bilang, kalo mau kaya, kita bisa berdoa sama Allah “Ya Allah, saya mau kaya”, tapi bisa juga kita berdoa meminta kekayaan dengan niat dan kata-kata yang berbeda, seperti “Ya Allah, saya ingin tahun ini berzakat 1 miliar”.. karena zakat itu ketentuannya 2,5% dari jumlah harta, jelas jumlah harta kita jauh lebih besar dari 1 miliar itu..

poin ini yang bikin saya sedikit mengerutkan dahi.. saya sering sih, berdoa dengan spesifik (contoh : Ya Allah, biarkanlah saya masuk UGM, pilihan 3 juga ga apa2, yang penting UGM), dengan obyek yang berbeda, seperti happiness, kesehatan, atau mungkin masalah hati.. tapi perkara finansial ??.. yah, bukan gimana2 si, tapi saya merasa berdoa (meminta) mengenai perkara finansial amat dekat dengan kondisi tidak bersyukur.. dalam hal ini saya menyamakan finansial dengan rejeki.. dan menurut saya rejeki itu bukanlah sesuatu yang bisa diminta hanya dengan berdoa, tapi justru dengan berusaha.. CMIIW btw..

di samping itu, kalo kita berdoa seperti ingin berzakat 1 miliar tadi, bukannya itu sama aja dengan berdoa minta duit ya ?? yah, kalo niatnya beda ga tau juga yaa..

sebenernya, sifat manusia banget sih greedy dan selalu kurang.. ini juga yang saya rasakan dan pada akhirnya mendorong saya teriak2 cari proyekan.. dan ternyata, keamanan finansial itu sangat menyenangkan lho.. bisa makan ato nonton tanpa perlu mikir panjang (karena masi ada duit) ato bisa melakukan impulsive buying saat matahari diskon itu ternyata nagih..

oh iya, ada satu ayat yang terngiang2 mulu.. lupa lengkapnya, tapi intinya gini.. “Di antara hartamu terdapat bagian anak yatim dan fakir miskin”.. itulah kenapa kita mesti zakat.. kalo kata nyokap, zakat itu buat mensucikan harta.. saya sendiri sebisa mungkin memulai itu dari sekarang.. di samping Insya Allah berpahala, kok ya rasanya uang yang di zakatkan itu bisa lebih berpahala dan bermanfaat di tangan yang berhak daripada di tangan saya.. haha..

*oh iya, ada yg bilang kalo apa yang saya lakuin itu namanya shodaqoh, karena zakat itu minimal hartanya sudah disimpan selama 1 tahun dan mampu memenuhi kebutuhan pokok.. ini kriteria lengkapnya..
1. dimiliki secara penuh, diperoleh dengan cara yang sah
2. dapat berkembang
3. cukup nishab
4. lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok
5. bebas dari hutang
6. sudah disimpan selama 1 tahun

mungkin buat lengkapnya bisa dicari sendiri.. ohoho..
duh, saya jadi makin pengen cepet lulus dan earn money sendiriiii.. AMIINN..

*cheers..

No comments:

Post a Comment

share me your thoughts :D