Sunday, December 6, 2009

#40 : merubik !!


saya lagi suka main rubik !! hehe.. itu lhoo, maenan kotak2 yang bisa diacak adut.. tadinya si saya mikir, mainan apa pula ini, susah banget dimaininnya.. tapi pas Ikamma Fest kemaren, kebetulan ada stand rubik’s cube yang selain jual rubiknya, juga ngasi coaching clinic.. pas iseng nyoba-nyoba, ternyata saya bisa bikin cross di sisi putihnya.. apalagi katanya si rubik ini bisa ngelatih logika.. langsung deh penasaran..

akhirnya saya beli juga deh si rubik.. IDR 45K.. itu yang buatan domestik, kalo yang asli (ada tulisan ‘rubik’s cube’ di bagian tengah sisi putihnya) sekitar 105ribu.. huhu..

ternyata si rubik ini ada rumusnya buat solving.. buat awalnya mungkin kita harus ngapalin rumusnya.. tapi kalo uda bisa solving, ntar lama2 pake logika, bukan lagi apalan dan bisa cepet.. katanya si ada yang bisa solve kurang dari 10 detik.. hehe, practice makes perfect.. oh ya, rumusnya banyak beredar di internet dan gampang didapet..

rubik ini ditemuin sama Erno Rubik, pemahat dan arsitek asal Jerman.. rubik yang umum si rubik 3 x 3.. tapi sebenernya ada banyak banget jenisnya, 2 x 2, 4 x 4, malah katanya ada yang 12 x 12.. wueidyan !!

sekarang si saya uda bisa bikin dua layer.. yang ketiga masih bingung.. hehe..
coba yaaa.. kabar2 kalo uda bisa solving =)

*cheers..

2 comments:

  1. hohoho.. coba di cek peh, IQ mu sebelum main rubik sama setelah mahir rubik ada pertambahan brpa point.. :P

    ReplyDelete
  2. wooo.. emang bisa naikin IQ ya rock ??
    aku maunya kalo bisa naikin IPK.. haha..

    ReplyDelete

share me your thoughts :D